Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Lengkap Cara Mengisi Setelan Publikasi Google News Tahun 2022

Panduan Lengkap Cara Mengisi Setelan Publikasi Google News - Google News adalah salah satu layanan produk google yang berfungsi sebagai kompilasi berita yang memberikan informasi dari berbagai media yang sudah disetujui dalam proses pendaftarannya.
Banyak manfaat yang anda dapatkan jika blog anda sudah disetujui atau bergabung dengan google news, diantaranya:
1. JIka konten anda bermanfaat dan banyak dicari oleh orang, maka akan mendatakngkan pengunjung yang banyak terhadap blog anda.
2. Memungkinkan mendapatkan Backlink yang banyak dari situs ternama dengan syarat konten anda original serta banyak memberikan referensi bagi yang lain.
3. Menempatkan konten anda di posisi page one
4. Pendaftaran gratis

Setelah anda berhasil membuat akun da bisa login, maka tugas anda selanjutny adalah mengisi setelan publikasi diantaranya sebagai berikut.

Setelan Publikasi Umum
1. Mengisi Infomasi Dasar













Seperti gambar diatas, anda harus mengisi pada bagian Nama Publikasi yakni dengan Blog anda sendiri. Sedangkan untuk bahasa anda pilih Indonesia. Setelah selesai mengisi anda dilanjutkan untuk mengisi lokasi.

2. Lokasi









Untuk lokasi tentunya anda memilih nega Indonesia. Setelah ini anda akan diarahkan untuk mengisi URL properti situs utama.

3. URL properti situs utama











Seperti gambar diatas, anda diarahkan untuk mengisi URL Properti situs. Pada bagian ini setelah anda menambahkan URL situs terlebih dahulu anda sudah login ke Webmastertool dengan email yang sama, karena anda diarahkan untuk klil Verifikasi.

4. URL properti situs lainnya












Pada bagian ini, anda bisa menambahkan situs atau URL lannya yang berasal dari domain yang terverfikasi oleh Google News. Setelah menambahkan situs laninya, anda diarahkan untuk mengisi halaman kontak.

5. Kontak












Pada bagian ini silahkan anda tambahkan email untuk menerima informasi seputar pembaruan produk dan masalah teknis dari google news. Setelah anda menambahkan alamat email silahkan untuk klink link verifikasi setelah itu cek kotak masuk email yang sudah ditambahkan, lalu klink link yang di kirimkan oleh google news untuk memverifikasi.

Gaya Visual
1. Logo Persegi














Pada bagian ini, anda harus menambahkan logo Blog yang berbentuk persegi dengan ukuran dimensi direkomendasian 1000x1000 atau 512x512. Format file direkomdasikan PNG yang didukung JPEG.

2. Logo persegi panjang (direkomendasikan)








Pada bagian ini, anda harus menyiapkan logo persegi panjang dengan desain menyertakan nama lengkap publikasi serta teks yang dapat dibaca. Anda cukup meng crop halaman utama blog dengan ukuran rasio lebar terhadap tinggi tidak boleh lebih 10:1, maksudnya adalah jika lebarnya 2000px maka tinggi nya tidak boleh kurang dari 200pk.

Untuk yang terakhir adalah Font yang ditambahkan, untuk bagian ini bisa dikosongkan. Setelah semua tahapan selesai jangan lupa untuk klik simpan yang ada di bagian kanan atas google news.

Mungkin itu saja yang bisa paparkan pada kesempatan ini, mudah-mudahan bermanfaat.