Perbandingan HP Realme C15 dengan Redmi Not 8

Perbandingan HP Realme C15 dengan Redmi Not 8

Minggu, 31 Januari 2021

Realme yang pertama kali muncul di indonesia pada tanggal 9 oktober 2018 tepatnya di jakarta dengan membawa beberapa varian produk smartphonenya diantaranya Realme C1, Realme 2 dan Realme 2 pro dengan harga yang sangat terjangkau namun memiliki spesipikasi yang tinggi. 

Dari tahun ke tahun produsen smartphone yang berbasis di Shenzhen Tinongkok ini, mengeluarkan beberapa HP Realme dengan spesifikasi yang sangat tinggi. Dan yang terbaru adalah Realme C11, Realme C12, Realme C15 dan Realme C17 yang masih laris manis di pasaran HP Indonesia.


Pada kesempatan ini admin akan membandngkan beberapa keunggulan dari Realme C15 dengan Produsen Smartphone yang lainnya yaitu Xiaomi Redmi Not 8. Yang manak keduanya mempunyai spesifikasi yang berbeda yang tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam segi kapasitasnya seperti prosesor, kualitas kamera, microSD, kapasitas baterai, dan layar.


1. Prosesor

Realme C15 mempunyai prosesor Gamming Helio G35 yang merupakan teknologin Chipset yang diluncurkan oleh Media Tek, yang memiliki performa tinggi hingga 2,3GHz yang dibekali dengan dengan teknologi 12nm. Sedangkan Redmi NOt 8AQualcomm Snapdragon 665 Octa-Core, yang memiliki performa Frekuensi hingga 2,0GHz, Prosesor grafis Adreno™ 610 Mesin AI generasi ke 3 Qualcomm®


Untuk perbandingan HP Realme C15 dengan Redmi Not 8 dalam hal prosesor tingkatannya hampir sama kualitasnya, dengan menggunaan teknologi dari perusaan berbeda jika Redmi Note 8 menggunakan prosesor dari perusahaan Qualcomm, yang mana perusahaan ini sangat populer dengan mengeluarkan beberapa generasi Chipset Snapdragonnya. Sedangkan Realme C15 menggunakan Gamming Helio G35 yang merupakan teknologin Chipset yang diluncurkan oleh Media Tek.


2. Kamera

Dalam hal kualitas kamera, HP Xiaomi Redmi Not 8 lebiih unggul dibandingkan dengan Realme C15, mengapa demikian? Karena Redmi Not 8 mempunyai resolusi kamera depan 13 MP dan kamera belakang 48 MP Full Scence quad kamera. Sedangkan Realme C15 hanya mempunyai resolusi kamera belakang 13MP Quad Camera.


3. Baterai

Untuk kapasitas baterai Realme C15 lebih unggul, mengapa demikian? karena memilik kapasitas baterai 6000mAh, yang mendukung dijadikan sebagai powerbank. Sedangkan Redmi Not 8 hanya memiliki kekuatan baterai 4000mAh. 


4. Penyimpanan dan RAM

Realme C15 penyimpanadan dan RAM lebih unggul karena memuat kapasitas RAM 3GB/4GB, yaitu untuk penyimpanan operasi sistem dan pra-instal aplikasi dalam perangkat, dan kapasitas ROM 64/128 GB untuk penyimpanan data atu file.


Sedangkan Redmi Not 8 memiliki kapasitas RAM dan ROM lebih kecil yaitu 3+32 GB / 4+64GB juga tersedia. Memori dan kapasitas aktual dapat berbeda tergantung dari beragam faktor. Penyimpanan dan RAM yang tersedia lebih sedikit dari total memori dikarenakan penyimpanan operasi sistem dan pra-instal aplikasi di perangkat.


Jadi, untuk kapasitas Penyimpanadan dan RAM yang lebih unggul yaitu Realme C15, karena memiliki kapasitas RAM 3GB/4GB, yaitu untuk penyimpanan operasi sistem dan pra-instal aplikasi dalam perangkat, dan kapasitas ROM 64/128 GB untuk penyimpanan data atu file.