Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nam Air meluncurkan rute Semarang-Karimunjawa

Nam Air, anak perusahaan Grup Sriwijaya, telah membuka penerbangan langsung yang menghubungkan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dengan Bandara Dewadaru di Pulau Karimunjawa, keduanya di Jawa Tengah. Diluncurkan pada hari Minggu, penerbangan 30 menit dilayani tiga kali seminggu menggunakan turboprop bermesin ganda ATR 62-600 dan berangkat dari Semarang pukul 6 pagi pada hari Rabu, Jumat dan Minggu.


Nam Air meluncurkan rute Semarang-Karimunjawa
Nam Air meluncurkan rute Semarang-Karimunjawa

Sebelumnya, para pelancong hanya bisa mengakses pulau Jawa Tengah yang indah melalui laut. "Pemerintah Kabupaten Jepara telah memperluas landasan [Bandara Dewadaru] hingga 400 meter untuk memungkinkannya melayani pesawat berbadan lebar," kata sekretaris provinsi Jawa Tengah Sri Puryono pada hari Senin, seperti dikutip oleh kompas.com.

Pemerintah Jepara berharap bahwa rute baru ini akan meningkatkan ekonomi Karimunjawa dan Jawa Tengah, dan telah meminta penduduknya untuk mendukung upayanya memperluas pariwisata ke bagian utara kabupaten. Direktur Jenderal Transportasi Udara Agus Santoso di Kementerian Perhubungan mengatakan bahwa Bandara Dewadaru pada awalnya dirancang untuk melayani penerbangan perintis yang melayani penduduk daerah terpencil dan pinggiran Karimunjawa. Namun, karena meningkatnya jumlah wisatawan asing yang menggunakan layanan ini, penerbangan perintis kemudian dihentikan.

"Bandara ini dimaksudkan untuk melayani penerbangan perintis yang menghubungkan Karimunjawa dengan Semarang, Surabaya, dan Pulau Madura, karena pemerintah merasa perlu menyediakan layanan untuk membuka akses ke daerah-daerah terpencil dan terpencil," kata Agus. Dia menyatakan harapannya bahwa Bandara Dewadaru akan menjadi titik masuk bagi pengembangan pariwisata di Karimunjawa.