Wednesday, September 2, 2020, September 02, 2020 WIB
Last Updated 2020-09-02T10:04:06Z
BeritaMalaysiaMiliterNewsPerbatasan

4 Ribu Tentara Malaysia Dikerahkan Ke Perbatasan, Larang Warga Negara Indonesia Masuk


Mazkinnews.com - Kementerian Pertahanan Malaysia mengerahkan 4 ribu lebih tentara Malaysia ke menjaga perbatasan untuk menjaga masuknya warga dari negara tetangga seperti Indonesia, India dan Filiphina.

Dalam keterangan resmi Kementerian Pertahanan Manusia (Kemenha), yang dikutip dari Viva Militer pada hari Rabu 2 September 2020, pengerhanan pasukan bukan untuk konfrontasi, tapi pemberlakuan pembatasan masuknya warga negara asing ke negara Indonesia.

Menurut Kemenhan Malaysia, mulai terhitung sejak tanggal 7 september 2020 tak ada seorang pun warga asing yang masuk ke negara malaysia khususnya dari Indonesia, Filiphina dan India.

4 ribu lebih tentara malaysia menjaga perbatasan dengan Indonesia, Penjagaan perbatasan itu masuk dalam Operasi Khusus Pematuhan yang sudah mulai diterapkan di Negara Malaysia pada tanggal 1 september tahun 2020.

Dalam Operasi Pematuhuan ini, Kemnhan Malaysia mengerahkan leih dari empat ribu tentara malaysia yang berjaga di perbatasan.

Pada hari pertama Operasi Pematuhan ini digelar, satuan tugas itu telah melakukan pemeriksaan terhadap 63 warga yang masuk ke wilayah Malyasia. Menurut Kemenhan sudah 20 ribu warga dipulangkan ke negaranya masing-masing termasuk negara Indonesia.

Dengan keputusan ini, tak ada seorangpun yang masuk ke negara Malaysia termasuk dari negara Indonesia Baik itu Pelajar sampai yang berstatus penduduk tetap.

Keputusan Kemenhan ini diambil karena menyusul meningkatnya pasien Covid-19 dari negara Indonesia, India, dan Philipina.